Sabtu, 31 Oktober 2015

Terima Kasih Surabaya



Lost count. Aku udah nggak ngitung lagi ini tepatnya hari ke berapa. Yang jelas ini udah akhir Oktober, jadi mungkin sekitar dua bulanan (aku mendarat di Surabaya akhir Agustus). Kantor udah nggak semengerikan, dan semembosankan dulu lagi. Meskipun, yah, si Bos masih kaku juga sih. Haha. Tapi nggak sekaku dulu. Dulu kakunya bercampur horror. Sekarang tinggal kakunya aja. Ya, horror juga sih kadang-kadang. Horornya kalo dia tiba-tiba udah berdiri di belakangku pas jam kerja padahal aku lagi nyolong-nyolong buka yutup. Hehe.

Desainku udah nggak banyak revisi. Entah karena akunya udah sedikit ada peningkatan atau si Bos udah kelewat males sama kerjaanku. Hahaha. Apapun alasannya tapi itu cukup bikin good mood di kantor. Seenggaknya aku jadi bisa lebih banyak ngerjain banyak hal. Nggak kayak pertama dulu sampai numpuk-numpuk dan masih juga disengak’in si Bos. Seenggaknya sekarang aku punya lebih banyak waktu buat nyolong-nyolong yutupan atau sekedar buka plus bales WA/BBM. Hehe.

Entah sebelumnya aku udah pernah bilang atau belum tapi aku magang di Brand Consultant. Satu “subjek” yang mungkin bagi sebagian (besar) orang dekave sebagai hal yang nggak asik karena terlalu banyak teori. Belum lagi desain-desain yang dibikin (yang rata-rata corporate) penuh aturan. Harus memperhatiin kelangsungan “hidup” brand (bisa tahan berapa lama?), harus memberi dampak di konsumen/target market plus ada feedback, harus pake ini, harus pake itu, harus ada ukuran, pakem, aturan, dasar riset, nggak boleh ini, nggak boleh itu, dan banyak lagi. Kok kalo aku yang bilang jadi kedengeran ribet ya? Nggak gitu kok sebenernya. Mungkin mirip-mirip kali ya sama Advertising? Mungkin. Semuanya pasti punya keribetan masing-masing. Kayak kalo aku disuruh terjun di ilustrasi ya bisa sampe kiamat nggak bakal jadi. Bikin lingkaran aja keriting (setiap kali diprotes kenapa lingkaranku keriting, aku udah punya jawaban cerdas, “Bukan, bukan lingkaran. Ini bakso urat kok.”).

Magang di Brand Consultant bisa dibilang (mungkin) nggak segila di media yang (katanya) deadline-nya rigid, mepet, dsb dsb. Di Brand, deadlinenya nggak mepet tapi mengejutkan. Hahaha. Joking. Ini gara-gara si Bos aja sih yang “penuh kejutan”. Pernah, beberapa minggu lalu, menjelang makan siang tiba-tiba si Bos bilang, “Ifah, kamu handle Brand Guideline-nya ya.” Titik. Sekali lagi, titik. Aku melongo selama beberapa detik. Nggak tahu harus berekspresi gimana karena projekku sendiri aja masih jauh dari kelar. Tapi berhubung kayaknya emang brand itu (aku belum bisa membuka nama brand-nya gara-gara kontrak sialan di hari pertama magang. Ntar aku cerita) butuh bantuan yang teramat sangat maka okelah. As you wish, Boss.

Jadi, aku tinggalin kerjaanku untuk ikut dalam kekacauan bikin laporan brand itu. Dan hari itu bener-bener chaos sampe makan siang aja pake hokben doang saking nggak adanya yang bisa keluar beli makan. Tapi yang mengejutkan bukan bagian itu.

Jadi begini, brand guideline itu semacam kitab sucinya suatu brand. Di situ ada konsep brand, visi-misi, aturan bahasa untuk PR atau promosi atau segala keperluan brand, aturan visual, desain, fotografi, typografi, segala detailnya, ukurannya, aplikasinya, boleh-nggak bolehnya, sampai mock upnya. Banyaknya halaman setiap brand beda-beda, tergantung besar-kecil dan jangkauan brand-nya. Nah, untuk yang aku kerjain kemaren itu sekitar 60an sekian halaman A4 landscape. Awalnya, kirain aku cuma layouting doang. Maksudku, kalo semua itemnya udah ada trus aku tinggal nemplok-nemplokin doang mah nggak nyampe sejam juga kelar kan? Eeealadalah, ternyata masih buanyak item yang belum kesentuh sama PICnya (Person in Charge). Setiap kali aku minta item, “Mas briefing document udah?” dia jawab belum. Aku nanya ini udah? Belum. Kalo ini? Belum. Hyaaaa sama aaaja aku ikutan chaos! Jadi deh hari itu kompor meledug.

Nah, bagian paling bombastisnya adalah, ketika waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 (yang artinya kurang dua jam lagi aku bebas jam kantor) si Bos tiba-tiba nanya, “Masih banyak, Fah?”
Aku jawab santai, “Hmm.. mayan. Buat kapan sih emang, Mas?” si Bos sambil nyengir setengah putus asa setengah ada (kayaknya, atau anggap saja) rasa bersalah  menjawab, “Hari ini.”

BOOM!! Bom atom meledug di Surabaya.

What the f-font! Deadline hari ini dengan kekacauan segunung anakan begini dan baru diturunin tadi menjelang makan siang? Daan, baru dikasih tau kalau DEADnya hari ini adalah dua jam sebelum segalanya (seharusnya) berakhir? Oke, fine. Aku baik-baik saja. Aku masih hidup. Jadilah kemudian kami sedikit berubah formasi. copywriter yang ditugaskan ngurusin brand ini langsung migrasi dari ruangannya ke sebelahku saking bawelnya aku minta ini-itu. Para desainer senior udah diem nggak bisa ditanyain. Pokoknya hari itu chaos banget! Kalo bukan karena semua hal itu harus dipresentasiin ke klien keesokan paginya aku nggak bakal deh bela-belain lembur sampe jam 21.00 dan si Desainer Senior sampe jam  01.00 dini hari.

Tapi asik juga. Mungkin gara-gara dasarnya aku emang suka segala hal tentang brand. Suka gimana bikin sistem plus strategi brand, marketing, dsb, dsb. Pernah ada yang nanya, kenapa sih aku bisa suka brand? Erm… aku udah ada jawaban tapi kayaknya nggak sekarang, yah. Bukannya mau sok misterius cuma kayaknya aku terlalu malas menjelaskan maksudku. Biasanya bakal berujung kemana-mana dan malah nggak menyentuh inti jawaban yang sebenarnya. Hehe.

Tadi aku sempet menyinggung soal kontrak di hari pertama, ya? Jadi gini. Hari pertama magang adalah satu hari paling awkward dari semua hari di Surabaya. Hari itu, begitu aku masuk kantor, tanpa disambut atau diperkenalkan atau gimana, seorang desainer senior (yang bahkan waktu itu aku belum tahu namanya) ngasih aku sebuah company profile kemudian dia minta aku bikin logo dari compro tersebut. Logo? Batinku waktu itu. Ini seriusan atau cuma buat ngetes doang? Masa anak magang (hari pertama pula) udah dikasih kerjaan sebuah logo?

Buatku, logo itu segalanya dari brand. Satu visual (yang biasanya dianggap) sederhana yang harus mewakili segala tetek bengek tentang brand. Belum lagi fakta bahwa “visual sederhana” inilah yang ntarnya bakal dipakai di segala hal, termasuk menentukan color tone untuk brand tersebut. Jujur, aku cukup grogi juga saat itu.

Aku baru nykets-nykets nyari ide saat si Bos selesai ngebriefing tim PR dan kemudian ngasih aku surat kontrak buat ditandatangani. Aku baca dulu surat itu sebelum setor ke ruangan Bos. Dan… tik.. tok.. tik.. tok. Nggak mudeng. Suratnya pake bahasa inggris. Dan vocabnya njlimet. Kenapa sih nggak pake bahasa Indonesia aja?! Atau, kalo emang mau inggris-inggrisan kenapa sih nggak pake bahasa yang lebih… biasa? Ah, sudahlah. Entah berapa lama kemudian, akhirnya aku menangkap maksud di dalamnya. Isinya panjang tapi intinya aku nggak boleh, dengan sengaja atau tidak, menyebarkan, membuat kopian, menjadikan portfolio, atau melakukan hal-hal yang berpotensi merugikan brand yang bersangkutan tanpa seizin pemegang otoritas Brand atau Brand Consultant terkait. Itu. Itu… gila. Terus gimana caraku bilang ke semua orang kalau aku udah magang? Seketika aku mikir, “Hm… jangan-jangan sebenernya aku magang di Pentagon.”

Di hari pertama itu juga, begitu pulang kantor aku langsung mandi dan tidur. Nggak tahu kenapa capeknya berlipat-lipat ketika itu. Kemudian, hari-hari setelahnya selama satu atau dua minggu adalah hari terburuk selama magang. Tekanan dari Bos gila-gilaan. Dalam sejam ada kali dia berdiri di belakangku 5 kali sambil melipat tangan di dadanya. Detail banget meriksa kerjaanku. Istilahnya, semacam aku bikin satu garis lurus aja salah deh. Serem. Mana dia kan orangnya kaku. Jadi kantor juga terbawa kaku. Setiap kali masuk kantor, pagi tuh langsung ngadepin kerjaan. Gituuuu terus sampe jam pulang jam 18.00. Palingan kepotong makan siang sama sholat doang. Nggak ada tuh acara nyolong-nyolong buka yutup. Hadeeeuh, jangankan buka yutup, mau nyari referensi desain di pinterest aja salah! Harus di Behance katanya. Pokoknya minggu-minggu pertama adalah kawah candradimuka. Harus punya cadangan sabar super banyak dan diupgrade setiap kali konek wifi (lho?).

Dengan keadaan begitu, rasanya wajar kalau aku berpikiran, “Apa aku salah milih tempat magang, ya?” Tapi pemikiran ini bukan hanya karena alasan “secupu” itu. Jadi sebenernya seharusnya seminggu setelah aku akan ada tiga anak magang lagi dari unibraw atau mana deh gitu. Tapi mereka semua ng-cancel hilang tanpa kabar berita setelah salah satu dari ketiganya setelah beberapa hari sebelumnya menyurvei kantor.

Lagi, beberapa minggu setelahnya, ada seorang staff baru. Cowok. Aku lupa namanya. Tapi dia di bagian copywriter. Hari pertama dia kerja semua baik-baik saja. Dia juga diajakin bos keluar (entah kemana tapi kayaknya terasa penting aja kalo diajakin keluar pas jam kerja). Dan yang terjadi selanjutnya adalah dia resign di hari KEDUA. Kejadian ini berulang beberapa minggu kemudian, juga staf baru. Cowok juga. Dan aku juga lupa namanya. Dia di bagian web designer. Sama, resign juga hari kedua. Kurang SETRONG apa coba aku ini masih hidup sampai hari ini? Hahahaha.

Tapi lama-lama aku bisa mengatasinya. Aku udah, mungkin terbiasa, mungkin kebal. Apapun tapi aku mulai enjoy. Aku mulai bisa membaca mood bos. Aku mulai bisa nyolong-nyolong yutupan konsernya MUSE (yang sekarang merambah ke vidklipnya Radiohead dan Queen). Aku mulai kembali nocturnal, yang artinya aku sudah cukup beradaptasi. Memasuki bulan kedua aku mulai punya cara sendiri untuk bersenang-senang. Menuju akhir bulan kedua, aku mulai berani ambil beberapa kerjaan. Pokoknya segalanya sudah berlangsung baik-baik saja. Normal. Mungkin terkadang baper pengen balik, kangen maen bareng temen-temen di Solo, nongkrong, atau sekedar di rumah mainan Ciky (baca : kucing-tidak-tau-diri-ku), klengsotan di depan TV seharian, gangguin emak masak, atau sekedar bersungut-sungut karena harus melek pagi buat nganterin emak ke pasar (setelah sebelumnya nyolong kopi Bapak dengan alasan kuat, “Biar melek! Demi keselamatan istrimu juga kan!”)

Tapi aku bisa mengatasinya. Sampai kemudian, di minggu terakhir bulan Oktober, hari Senin siang, matahari bersinar terlalu cerah, udara gerah, kabut asap masih mewabah, dolar masih di kisaran 13ribu rupiah, dan populasi manusia Indonesia masih di sekitar angka 250 juta jiwah (lho?) . Aku masih berkutat mengerjakan entah apa waktu itu sambil terkantuk-kantuk parah gara-gara malemnya secara bodoh (karena lupa kalo besoknya hari Senin) minum Kopiko 78oC. Jadilah hari itu seharian mata udah kayak diganduli beton crane penghancur gedung pencakar langit. Di tengah kerapuhan jiwa tersebut tiba-tiba ada WA masuk ke hapeku. Dari Mastil. Nanyain aku pulang kapan. Dia emang udah nanyain aku pulang kapan dari September hehe. Hyah, gimana lagi. Aku nggak bisa bolak-balik Surabaya-Solo semudah naik Prameks Kutoarjo-Solo kan? Apalagi dengan jadwal kantor yang mengharuskan Sabtu masih harus masuk. Mustahil punya harapan pulang.

Siang itu, Mastil bilang, “Kamu pulang kapan? Aku butuh kamu.”

Honestly, aku pun pengen bisa cepet pulang (ke rumah maupun ke Solo). Aku juga pengen bersenang-senang kerja bareng Mastil lagi. Hehe. Saat itu aku bales, “Sampe Solo pertengahan Desember kemungkinan, Mas. Gimana?”

Selang 3 menit, kutambahi, “Urgent-kah? Kalo Iya, mungkin aku bisa ngloby Om Bos?”

Entahlah tiba-tiba merasa perlu menambahkan kalimat terakhir tersebut. Selain (mungkin) karena aku melihat celah alasan untuk pulang hehe aku juga merasa perlu untuk memberikan perhatian lebih untuk permintaan si Mr. Lucifer kali ini. Setelah sebelumnya beberapa kali dia tanya kapan aku pulang dan pembicaraan berhenti begitu saja.

Akhirnya Mastil minta izin buat nelfon. Ah, elah, ini orang pake izin segala padahal dia juga pasti tau aku nggak mungkin nggak ngangkat telfonnya hahaha. Tapi it’s ok. I said yes. Tapi dia nggak nelfon juga sampe jam kantor kelar. Sampe kosan. Sampe aku udah beneran mau merem (ingat riwayat nggak-tidur-gara-gara-kopiko-ku tadi?) akhirnya dia nelfon jam 12 malem. Aku nggak jadi merem hahaha. Malah ngobrol ini itu.

Singkatnya, Mastil pengen aku udah di Solo awal November. Aku tidak bisa, aku bilang. Aku bisanya paling cepet pertengahan November. Tapi aku nggak bilang alasannya adalah karena di sini udah terlanjur said yes buat bantuin temen kantor nge-build brand yang lagi dia bikin. Bukan sesuatu yang rahasia sebenarnya hanya saja sepertinya dia terlalu banyak yang harus dipikirkan tanpa kutambahi dengan informasi nggak penting begini. Lagipula Mastil juga paham aku harus menyelesaikan segala sesuatu di sini.

Jadi, akhirnya itulah keputusanku. Di sini harus aku sudahi magang ini. Aku pasti bakal kangen banget sama Surabaya dan segala sesuatu di sini. Dari yang penyetan yang nggak kayak penyetan, Tahu Tek yang jualan di samping gang tapi nggak pakek label (membuatku harus bertanya dulu dia jualan apaan pas pertama beli dulu), eskrim dengan nama menu gokil dan bertempat di perpus Bank Indonesia, sampai sushi ala street food yang (menurutku) murah tapi enaknya nagih. Ah, sayang file foto sushinya ilang, hapeku suka secara bodoh menghapus beberapa datanya sendiri, nggak tau gimana bisa gitu. Tapi itu beneran recommended banget. Pengen kesitu lagi dan makan ampe puas sebelum balik ntar. Aku pasti juga bakal kangen rame suara anak-anak TK di rumah depan (selisih satu kamar dari kamar kosku. Iya, Ibu Kosku pemilik yayasan TK gitu deh). Pasti juga bakal kangen karaokean gila bareng temen-temen kantor. Bakal kangen suasana kantor (pas nggak ada bos) plus temen-temen kantor yang unik-unik. Pasti bakal kangen tidur super seksi gara-gara panasnya ajegile. Pasti bakal kangen nongkrong di foodcourt sebelah gang sambil ngedoodle nggak jelas. Dan, omaigat, aku pasti juga bakal kangen alfamidi depan gang yang aku samperin tiap hari. Iya, tiap hari. Entah adaaa aja yang aku beli. Sampe hafal semua promo produk-produknya. Tahan aku sebulan lagi, mungkin bukan cuma promo, jenis plus jumlah produk yang dijual aku hafal kali. Hahaha. Joking. Nggak mungkinlah aku bisa hafal gituan.

Well, masih ada dua weekend lagi sebelum aku pulang. Aku hanya… yah, aneh aja bakal ninggalin semua ini. Kamar ini, meskipun nggak senyaman kamar kos yang di Solo, apalagi di rumah, tapi rasanya udah klik aja gitu. Tidurku udah mulai nyenyak, mulai dapet mimpi-mimpi asik. Mulai betah aja. Tapi udah harus udahan ya? :’) Aku pasti nggak akan lupa deh sama semua ini. Apalagi Ibuk Kos yang super baik (yang sering ngasih makanan di saat-saat genting. Hehe). Aku nggak bisa bilang aku masih ingin di sini lebih lama. Tapi… mungkin suatu saat nanti aku akan kembali ke sini dengan keadaan yang berbeda? Siapa tahu.

Yang jelas, aku pasti bakal kangen Surabaya. Apalagi waktu malemaku ragu bakal kangen siangnya yang udah berasa kayak cuilan neraka aja tapi entahlah. Yang jelas, terima kasih Surabaya dan segala hal di dalamnya yang udah pernah jadi bagian dari hidupku. Thank’s a lot!


*Terima kasih juga udah berkontribusi naikin berat badan (“_ _)  

2 komentar:

  1. Mbaaa, jangan membuatku sedih akan hal yang belum seharusnya kurasakan sekarang :( (walaupun magangku masih 1 bukan full lagi) haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. Kok kamu yang sedih sih Bik? Ciee baper yaa hahaha

      Hapus

any advice?