Senin, 31 Agustus 2015

Rumah



 Tidak ada tempat lebih baik dari rumah. 

Akhirnya aku di Surabaya. Banyak cerita selama tiba di sini sampai detik ini. Ah, lagipula aku masih berutang cerita tentang KKN kemarin. Nanti pasti aku cerita kok.
Semester ini aku magang dan di sinilah aku, diterima di sebuah perusahaan Brand Consultant, StartFriday, Surabaya. Seumur-umur, belum pernah menginjakkan kaki di Surabaya, jadi pas mau ke sini cukup membingungkan juga. Mungkin karena itu, Emak memutuskan untuk menemani. Ributnya udah dari jaman masih KKN hahaha. Biasalah emak-emak kan. Tapi aku cukup terharu juga dia mau menyelakan waktunya di tengah kesibukan dia yang biasanya cuma diminta libur aja nggak bisa. Waktu mau kuliah dulu aku mengurusi segala sesuatunya hampir sendiri (kecuali bagian ribet packing apa aja yang mau dibawa , ini keahlian emak) jadi asik juga ngerasain berbagai macam hal bareng emak. Mulai dari bingung baiknya turun di stasiun mana, belum dapet kosan, nggak tau mau naik apa menuju ke entah mana dan banyak lagi.

Atas saran seseorang di kereta, akhirnya kami turun di stasiun Wonokromo terus lanjut taksi buat ke tempat janjian sama orang yang mau nyariin kosan. Namanya Pak Wahyu, beliau yang bantu nyari kosan dan nganter ke sana-sini. Dari mana aku dapet orang macam Pak Wahyu? Pak Wahyu ini kenalannya temennya temenku yang udah magang duluan di Surabaya. Bingung? Bukan urusanku.

Saat itu udah sore mau maghrib gitu saat akhirnya kami dianter ke tempat kosan yang direkomendasikan Pak Wahyu, 500ribu/bulan. Dan, jeng jeng jeeeng, tempatnya pengap bangeeet DX. Sumpah, aku sejam di situ aja udah nggak kuat apalagi tiga bulan! Akhirnya saat itu juga aku sama emak memutuskan cabut. Jadilah malam pertama kami nginep di hotel deket-deket situ. Namanya Hotel Teratai, dan pelayanannya parah menurutku. Banyak deh yang harus dikritik, termasuk stop-kontak yang adanya cuma di kamar mandi! What? Kamar mandi?! Iya! Aku nggak tau lagi dimana logika hotel ini ngasih stop-kontak di kamar mandi =..=. Aku jadi nggak bisa ngrevisi kerjaan, kan! Nggak cuma sampe di situ, masih banyak yang lain. Cukup deh membuat Emakku ngomel dari check in sampe check out.

Esoknya kami coba jalan-jalan buat nyari kosan. Siapa tahu nemu kan. Dan emang nemu. Bahkan hanya dengan sekali nanya. Sebulan cuma 350, dan ibu kostnya baik banget. Langsung ambil deh, males mikir-mikir lagi hehe. Kos udah dapet, kami lanjut jalan lagi nyari StartFriday di Nirwana Excecutive. Wuiih jauhnyaaaa. Entah deh besok pertama kerja aku bakal gimana.

Udah dari situ, kami balik lagi ke hotel (jalan lagi) setelah beli beberapa keperluan di Alfamart. Aku tidur siang. Capek Bro! Baru siangnya kami check out buat nempatin kost baru. Di sini sampe esoknya, hari ini.

Lalu, kenapa judulnya “rumah”? Sebenernya dari awal Emak memutuskan untuk ikut nganterin udah bikin aku kuatir bakal baper ntar pas ditinggal. Dan emang bener, kan! Hhh. Ini hari minggu, dan pagi ini keluarga ibu kost lagi masak gitu di dapur. Aku baper. Aku baru nyadar kalau masak bareng emak pagi-pagi (aku lebih banyak gangguin sih sebenernya) pas hari libur sambil ngobrol ini-itu, kadang juga sambil digangguin Ciky, akan menjadi hal yang teramat sangat langka sekarang. Aku bahkan lupa kapan terakhir melakukan itu. Aku belum benar-benar “pulang” sejak KKN dulu. Setelah KKN baru pulang 1 atau 2 malam trus cabut Solo lagi. Balik lagi cuma semalem trus paginya cabut Surabaya. Kadang-kadang kangen juga quality time sama Emak gitu. Tapi ya baiklah, ada banyak hal yang tidak akan pernah bisa terulang di dunia ini, kan? Ini cuma soal bagaimana kita menikmati setiap momen di detik ini dengan sebaik-baiknya.

Dan, ternyata bener ya kata orang-orang, sebagus-bagusnya semua tempat di dunia ini nggak ada yang bisa ngalahin terbaiknya segala hal di rumah.

2 komentar:

any advice?