Sabtu, 30 Mei 2015

Mau KKN nih!



Hari ini tumben-tumbenan abis subuh aku nggak ngantuk lagi hehe. Buka jendela, seketika pengen keluar. Bukan, bukan keluar lewat jendela! Ah, berhenti bebal deh. Aku udah mau cabut mbolang entah kemana saat kemudian keinget sesuatu. Semalem si Ichak ngeluh soal jadwal pembekalan KKN-nya yang abis dzuhur. Oiya, aku belum tahu punyaku kapan. Jadi sebelum memutuskan buat mbolang aku sempetin cek galeri, liat jadwal yang udah Ichak share di grup WA. Dan… jengjengjeeeeng! Aku dapet yang jam 8 pagi! Aish, hancur total dah tuh rencana mbolang nggak jelas. Seketika balik ke kasur. Klengsotan lagi.

Iya, semester ini aku ambil KKN. Sebenernya aku udah nunggu-nuggu momen ini. Awalnya males sih. Maksudnya, ngapain sih ada KKN segala! Tapi kemudian aku balik aja persepsinya, yaudah deh asikin aja. Eh, ujung-ujungnya malah ngebet pengen cepet-cepet KKN hahaha. Alasannya apa? Ini agak terpengaruh novelnya Ayu Utami yang Bilangan Fu deh kayaknya. Abis baca itu mendadak pengen KKN. Lagipulah, Man, kapan lagi “liburan” ke dunia antah berantah selama satu setengah bulan!

Akhir-akhir ini kerjaan mulai banyak lagi. Dan bisa dibilang gede-gede. Dari mulai proyek bikin buku tahunan yang mana semua manajemennya aku urus sendiri (termasuk nyari orang produksi, bikin MoU, surat penawaran dll) meskipun eksekusinya banyak dibantuin sama tim sih. Kemudian ada Illustration Card, sampe branding. Keduanya (buku tahunan sama branding ini) jalan bareng! Belum lagi yang pritilan-pritilan lainnya. Dan, dengan adanya KKN berarti semuanya harus kelar sebelum akhir Juni! Gimana nggak butuh piknik!!

Balik lagi ke KKN, kenapa aku exited sama KKN ini? Aku coba breakdown satu-satu yah.

Pertama, aku suka banget budaya, khususnya Indonesia. Lebih suka lagi kalau mereka belum begitu terekspos. Kalian tau kearifan lokal? Nah, tiap daerah kan punya tuh. Semakin “terisolasi” suatu daerah biasanya semakin kental kearifan lokal mereka. Ini nih, bagian dari budaya yang aku suka banget. Bagaimana manusia masih harmonis dalam berinteraksi dengan alam.

Kedua, cerita rakyat. Aku percaya tiap daerah di negeri ini punya cerita mereka masing-masing. Entah tentang apa yang mereka “percaya” atau tentang geografis daerah mereka sendiri. Ini menarik buatku. Aku selalu suka cerita. They give me more than imagination!

Ketiga, Bilangan Fu-nya Ayu Utami. Di novel itu settingnya emang bukan Pacitan (oh, iya, btw, aku ngambil Pacitan, Jawa Timur) tapi Gunung Kidul. Daerah tebing-tebing batu gitu. Dan di novel itu mengangkat banyak cerita tapi yang paling mendominasi cerita tentang Nyi Roro Kidul. Bagus deh, sumpah! Kalo kalian suka novel, ini rekomended banget! Bahasanya emang sastra gitu tapi ngalir banget kok dibacanya. Dapet banget situasinya!

Nah, demi tiga alasan utama itu maka buatku semakin pelosok semakin oke. Semakin terisolasi semakin baik. Kenapa? Dengan nggak adanya sinyal internet, aku (diharapkan) nggak akan diganggu oleh tetek bengek urusan kerjaan huahahahaha *ketawanya Shadow Master*. Dengan semakin terisolasinya daerah itu maka (diharapkan) kearifan lokal, cerita-cerita lokal, maupun adat-istiadatnya bakal masih kental banget! Aku nggak sabar nyobain experience baru dengan semua itu!

Dan satu lagi, aku ada sedikit proyek pribadi. Ada satu ide cerita yang masih tertunda akibat riset yang kurang banget. Nah, dengan ini aku mungkin bisa ngambil setting tempat aku KKN entar? Who knows? Aku berencana menyerap sebanyak mungkin informasi lokal, menikmati setiap detik kesenangan maupun kerepotan atau penderitaan yang mungkin bakal terjadi entar. Pokoknya aku excited deh!

Kemaren-kemaren, sebelum penentuan lokasi KKN, aku survei-survei kecil dulu kira-kira lokasi mana yang bisa memenuhi harapanku tadi. Akhirnya ada satu nama muncul, yaitu Pacitan. Lokasinya waktu itu katanya di dataran tinggi dan banyak jurang gitu dan emang automatically terpencil dong ya. Pas saat kemudian tiba pemilihan lokasi KKN, aku nggak mikir berat lagi langsung ngacir di Pacitan. Ada dua tema, sekali lagi mengingat tujuanku, aku ngambil yang sekiranya lebih pelosok dari yang terlihat pelosok aja.

Singkat cerita, dapet di desa Kledung. Aku belum terlalu ada bayangan jelas tapi dari googling  sama pembekalan KKN tadi pagi, kayaknya asik juga. Yeah, kita liat aja ntar gimana jadinya. Suka dukanya juga bakal aku share di sini kok. Bisa jadi akan sangat merepotkan dan nggak sesuai bayangan tapi bisa juga jadi luar biasa! Baiklah, kita lihat saja nanti.

Psst, siapa tahu ada pemuda desa seperti Parang Jati! Uoooh.. aku melting deh!

*buat yang nggak tahu Parang Jati, udah deh sana baca dulu Bilangan Fu-nya Ayu Utami!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

any advice?