Sabtu, 11 April 2015

Review Abal-Abal : FURIOUS7




Akhirnya nulis lagi. Hehe.
Udah dari jaman kapan orang-orang ramai ngomongin FF7 sementara aku baru kesampaian nonton kemaren. Soal nggak pernah nulis, bukannya nggak pengen, bukan. Tapi waktu. Ada banyak banget hal yang pengen aku gelontorin di sini tapi waktunya yang nggak ada T^T. Satu atau dua bulan terakhir agak menggila jadwalnya. Balik ke kos paling cepet aja jam 12 malem. Abis itu tepar. Jadi ya udah deh. Oiya, aku mau ngomongin FF.

Jadi akhirnya kemaren aku nonton juga. Honestly, kemaren aku emang hedon banget hehe. Abis setor kerjaan, kuliah, konsul tugas (selayaknya mahasiswa yang seharusnya), trus cabut ke salon (jieeh haha), trus belanja dikit di Luwes (buat yang orang Solo pasti tau tempat ini), abis itu cabs ke The Park. Sama sekali nggak ada rencana. Eh, astaga, aku mau ngomongin FF!

FAST & FURIOUS. Jujur, pertama nonton dulu yang Tokyo Drift. Dan aku (waktu itu) sama sekali nggak tau kalo film ini sekuelan. Baru tahu pas abis banget nonton yang Tokyo Drift trus kepo-kepo gitu. Selain Tokyo Drift, nggak ada yang spesial banget menurutku dari serial film ini (karena, selain drfitingnya, aku suka banget mobil2 cantiknya Tokyo Drift hehe) sampai 2013 lalu si Paul Walker, salah satu aktornya, meninggal di kecelakaan mobil. Langsung aja tiba-tiba level kepo saya melonjak drastis! Yang jadi pertanyaan besarku pertama: Mau dibawa kemana cerita FF7? Karena pas baca-baca di berita waktu itu proses produksi buat film ini udah setengah jalan. Nah lo!

Sempet denger berita, waktu itu di NET tv kalo nggak salah, katanya ceritanya mau dibelokin gitu. Bikin nambah kepo aja. Sampai akhirnya minggu lalu film ini release. Astaga naga jelaga, aku… nggak pengen nonton. Hehe. Nggak tau kenapa tiba-tiba antusiasmenya ilang aja gitu. Kayak… ah, semua orang nonton. Males banget ngantrinya. Ntaran aja deh. Yah gitu deh. Sampai kemaren itu.

Kalo harus ngasih rating buat film ini.. erm.. lima bintang! BAGUS BANGET GELAK! Sori, ini emang subjektif banget tapi seriusan bagus. Kenapa subjektif? Kalo aku ngeliat secara objektif, dalam artian terlepas dari background masalah-masalah yang ngikutin proses pembuatan film ini sih menurutku ceritanya standar, yah standar orang-orang Amrik bikin film (segenre) ginianlah. Pasti gitu-gitu aja. Secara cerita udah bisa ketebak abis ini apa abis ini apa. Secara efek, wajarlah film Amrik ini.

Secara subjektif… WOW! Maksudnya gini, mereka berhasil menyajikan sebuah karya dan aku menikmatinya full! Utuh. Kenapa aku bilang utuh? Karena nggak ada rasa sama sekali kalau ceritanya dibelokkan. Semua terasa baik-baik saja seakan dari awal emang dibikin gitu. Efek-efeknya bikin speechless (dengan catatan, komparasinya FF-FF sebelumnya yah). Berkali-kali dalem ati bilang, “Fix ini FF yang paling yo’i dari yang sebelum-sebelumnya!” dan paling mahal. Dan benar. Setelah kepo-kepo, ternyata biaya pembuatan film ini menghabiskan 3.4 T! *Tahan napas* dan merusak 230 ekor mobil!! *mati*.

Tapi itu jelas bukan apa-apa kalo ceritanya digarap asal-asalan kan? Jadi ini lebih kayak kombinasi hebat skenario dan modal! Hehe. Dari awal bener-bener udah dibangun banget adrenalinnya. Meskipun kalo buatku masih harus sering-sering ngingetin diri, “Oke Jason Statham orang jahat, ingat!” tapi itu bukan masalah. Yeah, oke, itu masalah tapi jelas sangat pribadi haha. Pembangunan kombinasi cerita sama efek-efeknya bener-bener dapet deh. Mungkin kalo mau bikin komparasi buat film yang tegang-tegang, boleh kali ya ngrekomendasiin Jupiter Ascending.. itu tegang juga kalo menurutku meskipun ceritanya kurang kuat sih.

 Kalo ditanya, bagian mana yang paling membekas di FF7 ini? Hm… bagian akhir. Bagian yang “For Paul” (Kalo nggak salah). Gilak, itu filosofis banget. Yang paling bikin :’) pas si Dom sama Brian pisah jalan. Duh… itu… T^T.. kerenlah. Nyentuh banget! Jadi, maaf deh kalo review abal-abal ini subjektif banget. Tapi menurutku sih subjektif apa enggak tetep bagus kok! Melebihi ekspektasi gitu. Salut deh buat James Wan dkk. Selamat yah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

any advice?