Sabtu, 04 Oktober 2014

Pulang #1 : City Branding Purworejo?


((Edisi Pulang : dari Cuitan Orang Penting, Pebisnis Finansial Pasar, sampai Keluhan Nenek))

Pagi ini aku otewe pulang ke Purworejo. Berbeda dari perjalanan-perjalanan nekat sebelumnya, aku memilih untuk nyobain cara yang beda. Nggak beda-beda amat sih sebenernya tapi tetap terhitung baru untukku. Semalem aku sempetin cek jadwal prameks (kereta bisnis Solo-Kutoarjo) buat milih waktu yang asik buat cabut. Saat itulah tercetus ide agak gila setengah nekat. 

Aku orangnya gagap banget sama transportasi publik. Bukan gimana-gimana sih cuma aku tuh ogah ribet dan rada nggak nyaman kalau harus berada di tengah orang banyak. Itulah kenapa aku lebih suka motoran buat pulang. Selain karena emang akunya yang suka refreshing pake motor ya alasan lainnya karena ogah desek-desekan itu. Belum lagi (kalau bus) pertaruhan nyawa akibat para supir bus yang dengan seenaknya ngerasa kayak bawa pesawat tempur. Manuver sana-sini. Atau, (kalau untuk kereta) dengan jadwal yang diatur-atur dan masih juga delay sama terlalu banyak manusia. Males. Tapi nggak tahu kenapa dinihari tadi, sehabis pulang dari nyetting persiapan pameran, dan akhirnya tergoda buat pulang, terpikir pengen nyobain gimana sih jadinya kalau pulang pake kendaraan umum full dari Solo sampe rumah?

Jadilah aku berangkat dari kosan jam 05.15 a.m. dengan jadwal kereta jam 05.30 dan bensin motor sekarat. Denger-denger dari temen-temen  katanya kereta lagi penuh banget ( efek idul adha mungkin?) jadi daripada niat keceku berakhir sia-sia, aku nekat aja langsung cus ke stasiun Balapan tanpa mampir beli bensin dulu. Alhamdulillah nyampe, meskipun sekarang jadi kepikiran sendiri besok keluar dari stasiun itu bensin bisa tahan nggak ya sampe SPBU TT^TT.

Setelah lari-lari ngejar kereta (karena ternyata jamku terlalu lambat lima menit dibanding stasiun), akhirnya aku masuk juga ke prameks. Dan penuh -_-. Ya meskipun dari berangkat emang udah siap dengan kemungkinan ini tapi kan kalau bisa duduk lebih oke :’(. Baiklah, aku rapopo.

Nggak ada yang menarik selama hampir seluruh perjalanan. Mungkin gara-gara akunya yang sok asik sama mp3 di hape sampe lupa kalau target awal ntar di kereta, paling nggak, bisa ngobrol sama satu aja orang baru. Tapi dengan keadaan berdiri dan penuh gini susah mau merealisasikan niatan itu. Pas udah mau putus asa dan ngerasa useless, baru deh ada bapak-bapak baju kuning yang senasib denganku (berdiri dari Solo) menyapaku.

Percakapan kami berawal dari pertanyaan si Bapak apa keperluanku di Kutoarjo. Aku jawab aja aku pulang. Nah, dari situ berlanjut deh soal kuliah. Biasa, dengan bangga aku bilang di Seni Rupa. Hahaha, biar keliatan keren ajaa (padahal karya aja nggak ada). Beliau nyeritain anaknya, kesukaannya dengan seni, keahliannya di theater, termasuk keanggotaannya di Pecas Ndahe (aku sering denger grup musik ini. Cukup terkenal di Solo tapi kok ya aku belum pernah nonton perform mereka hahaha. Diagendain deh besok-katanya tanggal 15 mereka mau perform di TBJT). Semua ceritanya dibantu oleh istrinya. Oh iya, di belakang bapak itu ada ibu-ibu gemuk bermuka ramah dan asik, itu istri bapaknya. Dengan mereka berdua akhirnya perjalanan nggak lagi membosankan. :D

Kami ngobrol  lumayan banyak (termasuk diiming-imingi keromantisan mereka di usia segitu #oufak). Yang paling menohok ya pertanyaan, “Mbak, kalau di Kutoarjo tuh ada apa sih?” tanya ibuknya.

NET NOT! Aku musti jawab apa coba? Di Kutoarjo ada apa? Ada apa? Lha apaaa? Apa sih yang dipunyai Purworejo (terutama Kutoarjo) dengan pertimbangan akses yang gampang dari stasiun? Tempat-tempat keren Purworejo yang aku inget kan mesti dicapai dengan penuh perjuangan! Coba deh, taruhlah mau ke Curug Muncar atau Silangit, kalian harus menitipkan motor/kendaraan kalian di rumah penduduk kemudian dilanjut dengan jalan kaki naik bukit minimal setengah jam.  Itu juga diawali dengan akses jalan yang penuh jekpot (entah kalau sekarang). Serius! Tapi ya emang sih bagus banget nget nget tempatnya! Tapi ya… masa iya aku mau promosiin tempat macem itu ke sepasang suami istri penuh romantika cinta yang nggak ngerti Purworejo ini?

Atau pantai? Erm… apa banget juga pantainya Purworejo mah. Kalah jauh deh kalau dibanding Nampu Wonogiri (aku pernah post soal pantai ini sebelumnya. Cek aja). Selain itu, akses ke pantai juga gimana aku nggak ngerti. Kayaknya nggak ada ya kendaraan umum sampe ke pantai-pantai di Purworejo?

Terus apa dong? Aku bener-bener nggak ada ide buat ngasih jawaban kece sedangkan mereka menunggu dengan cengoh sambil menggoyang-goyangkan ekor. Nggak deng. Hehe.

Berhubung bener-bener buntu jadi ya aku jawab aja nggak ada. (“_ _). Untungnya mereka terhibur sama keberadaan Pasar Kutoarjo yang aku bilang “Yaah, sebelas12 lah sama Pasar Gedhe Solo,” hahaha. Padahal menurutku ya beda. Tapi ya udah sih.

Tapi nih ya, dari pertanyaan menyakitkan itu aku jadi kepikiran, apa PemDa Purworejo sama sekali nggak pengen bikin City Branding? Ini bukan ide muluk-muluk kalo aku bilang. Purworejo punya banyak potensi kok. Dari sejarahnya, wisata alaminya, keseniannya, kulinernya, buah khasnya, sampe kambing etawanya! Serius! Aku pernah riset dikit soal ini pas bikin alternatif logo Purworejo buat tugas di semester 3 (kalo nggak salah). Pasti keren deh! Kan juga efeknya bisa naikin PAD sama narik investor lah paling nggak. Iya kan? Ntar kalau city brandingnya udah beres kan bisa bikin kayak Solo itu. Bikin banyak event budaya gitu.  Lagian, rata-rata orang yang pernah main (yang beneran main sampe ngerasain kulinernya juga) ke Purworejo mengaku tertarik kok sama kota mungil ini. Bahkan Pak SBY aja ngeborong duren Purworejo lho pas musim lalu! Hahaha.

Oke, oke, aku tau kalian pasti menganggap aku berandai-andai ketinggian. Tapi percayalah, menurutku itu bukan khayalan kosong. Atau, gimana kalau TAku besok bikin City Branding Purworejo ya? Hahaha. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

any advice?