Sabtu, 28 Juni 2014

Nggak (mau) Ngerti Urusan Pilpres

Judeg! -->ini istilahku. Aku nggak ngerti bagaimana kalian mengartikan kata ini.

Serius. Judeg. Bludreg. Or whatever.

Ini masanya pilpres, tepatnya tanggal 9 Juli entar. Tapi masyaallah "rame"nya udah dari jaman kapan. Jujur, aku juga pernah nyetatus di FB mengeluhkan masalah ke"rame"an ini. Entah ya mulai kapan tapi sosmed mulai rame dengan share2an berita dua capres ini. Awalnya sih wajar dan biasa aja. Maksudnya, ya, mereka benar-benar nge-share berita yang bener. Tapi lama2 kok jadi tambah absurd?

Mulai deh muncul, istilahnya, black campaign. Mulai juga semua status jadi berbau pilpres. Membosankan. 

Ngeliat membludaknya hal ini aku jadi males ikut2an. Jadi aneh sendiri gitu. Tiap kali baca berita soal capres dan menurutku itu baik tuh rasanya gatel banget pengen ngeshare tapi trus kepikiran diserang balik sama kubu yang bersebrangan dg isi berita. Misalnya nih ya, aku nemu berita kece soal Prabowo, kan gatel tuh mau ngeshare tapi trus kepikiran ntar ada yg ngomen, "Ih lu dukung Prabowo ya? Asal lu tau, Prabowo kan gini gini gini." Ini juga berlaku kalau berita yang (mau) aku share adalah soal Jokowi. Padahal kan (saat itu) statusku masih swing voter!

Semua orang jadi sensitif. Semua orang jadi aneh. Semua orang jadi absurd.

Aku? Sama.

Dengan keadaan itu, aku memutuskan cuma mau ngamatin aja deh apa2 yang mau kalian lakuin. Apa2 yang kalian share. Kalo udah mulai nyebelin (baca: intensitas share2an udah terlalu sering dan berita yang dishare sampah semua) tinggal unfriend aja. Aku pengamat yang baik kan? Hahaha.

Aku nggak terlalu main di twitter jadi nggak begitu tahu gangguan yang ada. Tapi di fb? skip. Hahaha.

Nah, setelah melewati semua masa itu, setelah baca orang2 pada bikin artikel, setelah baca blognya Allan Nairn, setelah baca blognya Pandjo Pragiwaksono (hahaha referensiku absurd2 ya?), aku memutuskan untuk terlibat. Oke, sebenernya udah lama pengen curhat di blog sendiri kayak gini tapi ada beberapa alasan yang menahanku melakukannya. Pertama, aku nggak punya dasar. Maksudnya, akunya males riset sana-sini. Padahal ntar kalo ngomongin salah satu capres tanpa dasar ntar dianggep blek kempeen. Ah, jadi males kan?

Kedua, karena mainstream. Jelas mainstream nulis soal capres di masa kampanye capres saat semua orang bahas capres.

Ketiga, sibuk coy! Eaaaah hahahaha. Ini lebay sih tapi emang kemaren sempet bludreg juga ngurusin tugas2 akhir semester.

Keempat, internet di kosan loading! =..= .Serius. Ini serius. Aku males ngeblog kalo dikit2 loading. Jadi nunggu balik dulu deh hahaha.

Nah, akhirnya, pas mau balik aku udah pensiun jadi swing voter. Udah ada pilihan nih yang aku percaya bakal bisa lah dikasih kepercayaan mimpin negeri ini. Ceilah haha. Tapi teteeeeep, belum ada niatan buat ikut2an rusuh bikin tulisan alay gini. Udah terlanjur males lah. Hahaha.

Yang akhirnya bikin aku nulis adalah karena internet udah kece, karena baca blognya Pandji, karena ngeliat great speechnya Anies Baswedan (sumpah, aku ngefans sama Om2 ini!), karena ternyata di kampungku kebanyakan dukung capres lawan! Oh God. Jadi, pas ibuku nanya, "Jadi kamu besok milih siapa?" wayo looo. Paranoid bener aku mau jawab! Ngeri tauk! Seketika kebayang berita2 yang bilang kalo gara2 beda jagoan di pilpres ini aja yang tadinya sodara jadi musuhan, yang tadinya temen jadi nggak mau kenal, dan blablabla lainnya. Oh God. Ngeri bener nih mau jawabnya. Secara, wanita ini ibunda gueeee cooooy!

Baiklah, akhirnya aku jawab jujur, ehm, "Jokowi dong!" Bangga bener yak? Hahaha.

Langsung seketika dug dag dig dug. Ini aku bakal dipengaruhi buat ganti pilihan nggak ya? Dan ternyata... enggak. Bodohnya aku, aku lupa kalo di keluargaku kebebasan berpendapatnya terlalu bebas hahahaha. Ibuku nggak banyak komen, nggak ngelarang juga, apalagi sampe mempengaruhi. Ternyata pikiranku yang alaynya keterlaluan.

Aku nggak (mau) ngerti soal pilpres2an ini. Aku males ngabisin waktu buat browse sana-sini cuma demi dua orang yang aku sendiri nggak kenal. Aku juga bukan anak sospol. Kuliahku (sama sekali) nggak bahas soal politik apalagi capres2an ini. Jadi kenapa aku tiba2 menjatuhkan pilihan ke Jokowi yang, oh God, penampilannya aja biasa banget. Nggak ada potongan2 presiden. Mukanya ndeso puol haha, maap Pak! Dan lagi, banyak bener isu negatif soal orang ini. Dan masih banyak lagi. 

Ada seribu alasan buat nggak milih Jokowi. Lha gimana, Prabowo mah lebih kece! Pas masih muda ganteng beneeer. Tuirnya masih imut kayak bapaknya Nobita. Bahasa Inggrisnya kecelaaah. Pokoknya look-nya udah presiden banget! 

Tapi justru karena itu. Karena looknya udah presiden banget dan begitulah seharusnya sosok presiden maka aku memutuskan pilih Jokowi. Lho? Kenapa? 

Karena Jokowi Outside the Box. Beda.

Baru kemareen aja aku presentasi tentang pentingnya berpikir outside the box dalam proses penciptaan ide kreatif. Ini cuma pengaplikasiannya aja kok. :-)

Jadi kesimpulannya, kenapa aku pilih Jokowi? Hmm, mungkin karena aku kelamaan di Solo? Karena Anies Baswedan pilih dia? Karena Pandji Pragiwaksono pilih dia? Karena Ernest Prakasa pilih dia? Karena dia Outside the Box? Karena (mungkin) Indonesia emang bener2 butuh Jokowi (dan karena aku masih harus stay di Indonesia jadi aku harus membuat tempat ini senyaman mungkin)? Karena seperti kata Om Anies, aku nggak ada beban buat pilih dia? Aku nggak harus cari2 pembenaran tentang banyak hal. Atau karena aku percaya Jokowi orang baik? Entah ya apa.

Iyaa emang bener, (mungkin) ada seribu alasan buat nggak pilih Jokowi tapi apa buat ngelakuin hal yang bener kita butuh alasan dulu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

any advice?