Sabtu, 08 Februari 2014

NGENEST : Serasa di stand up comedy-in langsung sama Ernest

  Judul lengkapnya “NGENEST Ngetawain Hidup A la Ernest”. Ini buku super ringan (Bukan secara harafiah maksudnya tapi kontennya. Eh… ya, secara harfiah ringan juga sih dibandingin Harry Potter 5 atau The History of Java atau Musashi). Ini buku sejenis sama Kambing Jantan dkk-nya Raditya Dika.

                Nggak ngerti juga kenapa aku beli buku ini. Mungkin lagi gagal fokus atau hilang arah. Tapi kalo mau nyari kambing hitam buat diguling mungkin film Comic 8 bisa dijadiin biang kerok sebagai sponsor utama dalam menghasutku buat beli buku ini. Aku bukan tipe pembeli buku ginian. Biasanya lebih milih minjem aja di rentalan hehe. Bukannya nggak suka. Aku suka kok. Aku juga baca buku-buku (absurdnya) Raditya Dika. Tapi ya itu, aku bukan tipe pembeli buku ginian. TERUS INI KENAPA BELI? Tinggal jawab aja pake muter2 segala!
                Okeooooke. Kenapa aku beli buku ini? Karena penulisnya. Yap, Ernest Prakasa. Aku suka dia. Eh, jangan pake kata “suka” deh, jadi berasa ambigu yang menjurus ke ngeri gitu. Well, aku ngefans sama Ernest. Kenapa? Menurutku Ernest tuh langka ya. Patut dilestarikan! Materi yang dia bawa pas standup comedy tuh nggak ringan. Mungkin topiknya ringan tapi risetnya buat menguatkan teori2 di dalemnya tuh niat banget. Dan kerennya kita—audiens--asik2 aja sama materi itu gitu. Ntar deh aku tulis bahasan khusus tentang Kokoh satu ini. Back to the book.
Seperti yang udah aku bilang tadi, ini buku main-main. Jadi nggak usah terlalu serius lah reviewnya hahaha. Nggak, nggak. Aku serius kok.
                Lucu? Iya. Meskipun kalau orang awam komedi (mungkin) bakal bilang biasa aja, tapi aku (penyuka komedi cerdas kayak si Ernest ini (Ehem! Ini gue nggak sombong lho ya! Ya kali aja gitu ada yang mikir gitu pas baca kalimat ini hahaha) tetep aja aku ngakak sampe guling2. Dan nggak cuma itu, materi yang disampein Ernest juga nggak main-main. Maksudnya, nggak asal lucu aja tapi ada materi yang beneran materi, yang didukung dengan bukti2 riset gitu. Contohnyaa, dia bahas soal banyaknya Mall2 di Jakarta, soal ASI, Pendidikan Seks usia dini, tentang kontroversi white lie, dan banyak lagi. Tenang tenaang, nggak selebay itu kok beratnya. Just like Ernest aja, selalu bawain materi serius di setiap stand up comedy-nya tapi nggak bikin puyeng. Malah sebaliknya, kita jadi semacam dikasih pemahaman dengan cara yang unik. Ini kenapa malah jadi kemana-mana? Balik lagi deh.
Selain isinya, aku juga interest ke packagingnya ya. Iya aku tahu yang namanya buku ya gitu2 aja! Biasa aja dong! Maksudku… bukan packaging sih (Gimana sih tadi bilangnya packaging sekarang bukan! Yang konsisten dong! Biasa aaja dong..) tapi layout di dalemnya gitu. Keren! Jadi di dalemnya nggak cuma cerita gitu, ada ilustrasi grafisnya juga. Atau jangan-jangan semua buku absurd ada gituannya ya? Hah? Beneran ada? Cuma aku nih yang nggak tau? Ya udah sih.
                Buat kekurangannya… apa ya? Mungkin buat orang yang belom pernah tau gimana gaya Ernest pas standup comedy dan udah ekspektasi kelucuan maksimal pas baca buku ini bisa jadi agak kecewa. Muuuungkin. Tapi kalo menurutku harusnya nggak juga sih. Gimanapun ini buku absurd yang beda sama yang biasanya jadi sebagai pembaca yang cerdas (ehem!) kita juga harus menempatkan diri buat ngeliat dari sudut pandang yang juga nggak biasa. Jadi kalo ditanya apa aku nyesel beli buku ini, jawabannya enggak. Enggak sama sekali. (Iyalah orang lo ngefans ama si Ernest! Yaa bukan giitu, ini professional sebagai reviewer coy! #Uhuk) Entah deh, aku nggak pernah bisa nyesel kalo ngeluarin duit buat beli buku.
                Tapi intinya, buku ini bagus di kelasnya. Jadi kalo di-compare sama buku-buku yang jenisnya ginian, menurutku buku ini bagus. Pesan-pesan yang mau disampein Ernest bisa nyampe. Meskipun ya sebenernya sebagian materi di dalemnya udah dia stand up comedy-in sih tapi ini malah jadi nilai plus menurutku. Jadi pas bacanya tuh jadi ngerasa di-stand up comedy­-in langsung sama Ernest gitu. Tapi mungkin (buat kalian yang belum pernah nonton stand up comedy-nya Ernest) kalian butuh nonton dulu si Ernest ini pas stand up comedy sebelum baca Ngenest biar efeknya dapet dan nggak asal komentar. Tapi kalaupun kalian ogah nonton stand up comedy-nya Ernest dulu dan langsung baca buku ini, aku rasa nggak ada masalah juga. Malah bisa jadi lebih ngakak dari pada kalo nonton dulu.
                Kalo dirating mungkin aku kasih  dua tiga per empat dari lima bintang deh buat buku ini. Sekali lagi setelah mempertimbangkan banyak hal ya tapi yang paling mendasar adalah materi dan pesan yang mau disampein Ernest lewat buku ini. Salut deh buat Ernest. Bravo Koh! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

any advice?