Selasa, 21 Januari 2014

Mie Dog-Dog

Horeee akhirnya nemu sesuatu buat ditulis. MIE DOG-DOG!! Apaan tuh?
Sumber : Dokumentasi Pribadi (Hahaha, udah kayak bahasan kece aja ada sumber-sumber segala. 

Ya udah sih, siapa juga yang peduli) Yeah, itu tuh yang namanya Mie Dog-Dog! Bisa ditemukan di burjo-burjo terdekat. Bah, apa pula itu burjo? Astaga, kenapa bahasan ini jadi kemana-mana. Baiklah, dikit aja ya. Burjo itu semacam warung makan yang isinya, boleh dibilang makanan instan gitu. Contohnya? Aneka olahan mie instan (dengan nama yang tentu saja eksotis; mieyabi, mie dog2, intel goreng -kebayang nggak tuh! Intel digoreng loh! Mungkin ntar di masa depan bakal ada juga CIA goreng, KGB goreng, atau FBI goreng? Hahaha, mereka kan sama2 intel. Eh? Iya nggak sih?- intel rebus, dan banyak lagi lah. Lupa), trus makanan-makanan yang gampang dan cepet bikinnya. Aha! Mungkin bisa dibilang ini semacam restoran fastfood lokal ya? Boleh sebut merek? Enggak? Misal McD atau KFC gitu nggak boleh? Ya udah deh aku nggak akan sebut. 

Ya gitu. Aku nggak tahu apakah gerai-gerai burjo ini (ceilah gerai! hahaha) ditemukan juga di daerah kalian (yeah, kalian siapapun yang nggak sengaja terperosok ngebaca this dying blog hahaha. Gue desperate banget ya?) karena ditempat asalku kagak ada yang begituan. He'eh, he'eh, aku anak rantau hahaha berasa dramatis gimana gitu. Kalo di Solo buanyak banget Burjo apalagi daerah sekitar kampus. tapi katanya di Jogja juga banyak. Nah, yang aku bertanya-tanya, di Bandung ada nggak sih beginian? Kenapa Bandung? Soalnya semua Burjo seantero jagad kampus yang aku pernah masukin tuh semuanya yang jualan orang sunda. Sunda kan identik ama Bandung kan ya? eh, iya nggak sih? Hahaha yah, nebak aja sih, mikir cepet gitu. Mumpung bisa mikir. 

Owiya! Balik ke bahasan Mie Dog-Dog deh! Malah jadi kemana-mana kan! Ya itu. (Apa?! Daritadi "ya itu" mulu!). Oke, oke, maaf! Mulai dari mie instan ya? Kata berbagai sumber, mie instan ini pertama kali ditemukan tahun 1958 oleh Momofuku Ando dari Solo. Hahaha nggak2, ini orang dari Jepang. Ya keliatan kali ya dari namanya. Bentar, bentar, aku nemu artikel yang ngedukung bahasan mulia ini. Aku copy paste ya.. 

"Momofuku Ando, sang pencipta mie instan, kemudian mendirikan perusahaan Nissin, dan memproduksi mie instan pertama di dunia dengan nama Chicken Ramen rasa ayam. (Ramen adalah sejenis mie Jepang). Kemudian, pada tahun 1971, perusahaan Nissin memperkenalkan mie dalam gelas, bermerek Cup Noodle. Kemasan mie gelas ini menggunakan styrofoam tahan air, yang bisa digunakan untuk memasak mie tersebut. Dalam perkembangannya kemudian, mie gelas dilengkapi sayuran kering. Menurut survei di Jepang pada tahun 2000, mie instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20. (Karaoke di urutan kedua, dan CD di urutan ketiga). Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mie instan dikonsumsi setiap tahun di seluruh dunia. Saat ini, Indonesia adalah produsen mie instan yang terbesar di dunia. Dalam hal pemasaran, pada tahun 2005 Tiongkok menduduki tempat teratas, dengan 44,3 milyar bungkus, disusul Indonesia dengan 12,4 milyar bungkus, dan Jepang dengan 5,4 milyar bungkus. Namun, Korea Selatan mengonsumsi mie instan terbanyak per kapita, dengan rata-rata 69 bungkus per tahun, diikuti Indonesia dengan 55 bungkus, dan Jepang dengan 42 bungkus."

 Jadi gitu. Kalau nggak percaya, bisa cek sendiri di    https://www.facebook.com/KumpulanFakta/posts/242670619208108 .Soal bahayanya, yaelah kayaknya udah jadi rahasia umum kalau makanan satu ini nggak ada sehat-sehatnya. Yang jelas dan kayaknya semua penelitian udah sepakat, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi mie instan bisa bikin kanker. Iya kan? tapi ternyata nggak sesederhana itu, Coy! Di Mie instan itu juga ada beberapa bahan yang... astaga, bisa-bisanya beginian dijadiin makanan! (dan aku suka hahaha) 

1. Lilin 
Yoyoi, di mie instan tuh ternyata ada kandungan lilinnya. Itu fungsinya biar antara helai mie nggak lengket satu sama lain gitu. Kebayang nggak sih, lilin coy! Aku makan lilin?! Oh, tidak! 

2. Natrium 
Apa masalahnya dengan zat yang satu ini? Wuuish, jangan salah bro! Ini nih bisa bikin darah tinggi, Coy! *kok mrinding ya? Haha alay* Iya, natrium bisa bikin darah tinggi. Kok bisa? Ya nggak tau, pokoknya bisa! Searching sendiri sana kalau mau tahu detailnya! Hahaha nggak bertanggungjawab banget ya? Maaf. 

Selain itu, natrium juga bisa bikin maag. Kalau ini aku tahu, aku tahu! Jadi kan lambung kita super asam tuh. Jangan tanya! Itu emang gitu biar pencernaan kita bisa terjadi sebagaimana seharusnya. Ya pokoknya gitulah. Aku agak lupa juga hahaha. Nah, si Natrium ini bikin lambung kita jadi netral. Ya nggak langsung netral juga sih. Mungkin kalau kita mengkonsumsi secara jangka panjang? Ya gitulah pokoknya. Itu tuh ntar ujung-ujungnya bisa mengikis dinding lambung kita gitu. Ooooh aku tahu! Ini nih yang bikin tekanan darah jadi naik. Dah, terjawab kan yang hipertensi tadi? Hahaha. 

3. Dan banyak lagi. 
Hahaha, aku bukan dokter dan nggak belajar di bidang kesehatan juga jadi takut salah lah. Mending kalian browsing sendiri kalau emang segitu keponya. Halah, intinya mie instan itu nggak sehat. Dah, itu. Yaudah. Tambahan aja, itu tadi kan kandungan yang ada di mie-nya tuh. Kalian kepikiran nggak kalau bumbunya juga sama sekali nggak sehat? Ya itu jelaslah! Jelas kan? Aku nggak tahu detailnya, tapi yang jelas benda ini mengandung MSG gitu. 

Naaaaah, teng terereeeeng!! 

Mie Dog-dog itu ya mie instan itu. Aku nggak gitu ngerti apa bedanya sama mie rebus biasa pake telor. Tapi beda kok (ini setengah menghibur diri) hahaha, kalau menurutku pribadi bedanya ada pada kuah deh. Kuahnya tuh lebih kentel gitu (tapi enak). Mungkin dikasih semacam maizena atau apa gitu ya? Ah, nggak ngerti deh. Tapi enak kok nih makanan, dengan asumsi kita melupakan seabrek bahayanya ya? Hahaha, kan nggak nyaman tuh makan sambil kuatir! Sama-sama masukin racun ya yang enjoy aja lah ya? Hahaha..

(Ini foto dari hape tanpa edit Coy jadi maap ya kalau agak-agak gimana gitu.. haha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

any advice?